Belanja Bareng Om Lacan

13 08 2012

Belanja Bareng Om Lacan

Akhir pekan segera tiba. John Sosiawan, teman kita, tak sabar untuk menikmati libur akhir pekan. Telah lama ia berjuang habis-habisan untuk bisa mengajak Feminita, mahasiswi yang cantik tapi garang jika diskusi, untuk sekedar jalan-jalan.

Kali ini, entah kerasukan jin apa, kok tiba-tiba Feminita mau diajak jalan-jalan sama kawan kita John. Dengan tampilan baju Banana Republic, yang entah asli atau tidak, sang mahasiswa  tampak percaya diri (sst…. tapi jangan bilang-bilang, dibaliknya teman kita toh masih memakai kaos singlet cap kijang..hehehehe). Wangi parfum, yang meski tak pakai Aqua di Gio, toh member kesan cowok berpenampilan metroseksual sesuai gambaran Mark Simpson.

Kakek Oong, yang biasanya cuek karena tak terlalu suka dengan lelaki yang dandan,  toh terbetot pula penciuman dan penglihatannya.

“Ini orang jual parfum atau kemenyan sih?” sengat Kakek Oong.  Seketika John Sosiawan gelagapan, dan terlihat down mentalnya.

“Yang bener Kek, baunya kayak apa? John mulai tak percaya diri.

Terkekeh Kakek Oong, “Nang….yang penting percaya diri dong, masak mahasiswa aktivis kok gampang  grogi!”

Sambil tersipu John pergi ngeloyor.

Feminita memang mahasiswa cerdas dan percaya diri. Wajarlah jika John selalu berusaha meningkatkan kepercayaan dirinya tiga kali lipat. Pokoknya harus tampil sempurna kalau di depan Fem. Perkataan, pikiran, penampilan atawa tiga “p” mesti hebat. Salah sedikit bisa hancur.

Bak investor yang menjelaskan business plan, John memaparkan rencana. Pertama ngopi di Starbucks. Kedua, jalan-jalan beli baju. Ketiga, makan malam di resto yang romantis dan sedikit mewah. Semua John yang traktir (Anda gak usah tanya uangnya dari mana, pokoknya ditanggung halal dan tidak korupsi!). Fem sih senang-senang aja. Cengengesan sambil ketawa ngakak dalam hati. “

Acara pertama, berjalan lancar. Kopi, yang katanya bisa mendebarkan jantung, ternyata malah mendongkrak kepercayaan diri tambah jreng. Acara kedua tak ada aral melintang. John dan Fem menenteng baju dan kaos bermerk, yang sering dibahas dalam kuliah Periklanan. Tak etislah menyebut, dikira pemasaran.

Acara ketiga,  ini dia. Tak disangka, tak diharapkan, tiba-tiba paman Fem telah duduk di samping John. Kekikukan dan kejengkelan kawan kita bercampur-baur. Sudah diganggu pihak ketiga, malah Fem cengingas-cengingis.

Dengan sekuat  tenaga, suara yang nyangkut ditenggorokan pun dikeluarkan. “Belanja apa Om?” Tanya asal-asalan John.

“Jouissance” jawab sang paman.

Celingak-celinguk John mencari barang bawaan paman Fem. Yang dicari tak ada. Mungkin dikantongi. Barang mahal kan biasa ukurannya kecil, batin John kawan kita.

“Sering ke sini ya om?” coba mengalihkan pembicaraan agar tak terlihat bingung.

“yah…cari jouissance aja!”

Hasilnya sungguh cespleng, kawan kita mengalami gegar otak ringan! Untunglah Fem segera tanggap, menyelamatkan nyawa John, segera ia menukas tangkas. “Mana Om parfume merk joissance?”

Tak diduga, tak dinyana, paman yang biasa sabar itu terlonjak dan melotot, tak bisa menyembunyikan kekagetan. “Hrhrhrhrhrh, Fem…..kamu itu aktivis macam apa? Aduh,aduh,aduh…. Jouissance dikira parfume!!!!!

Seketika merah padam pula jagoan feminis kita. Dan, baru kali ini rasanya John memiliki pembela di depan Fem. Di balik tragedi Fem, John menikmati keuntungan: kepercayaan diri yang meninggi!

Masih marah, paman pun menyembur lagi, “buku apa yang kamu baca?! Dosenmu  gak pernah baca juga? Kuliah bayarnya selangit, tapi dapet pengetahuan cuma seruas jari. Huh!!!! ”

Sambil mengomel pergi, paman meninggalkan kartu nama. Penasaran, John segera mengambil untuk melongok nama lengkap berikut gelarnya. Kecele, di sana hanya tertulis: please, searching http://www.library.nu, key word: jaques lacan.

bambang-kusumo


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: