Sociology Event

26 02 2010

Pengurus HMPS Periode 2009-2010:

Menggelar Muker, Mengkonsolidasi Program Kerja

Sebagai langkah awal untuk melakukan konsolidasi program kerja, pengurus baru HMPS periode 2009-2010 menggelar musyawarah kerja (muker) pada hari Sabtu, tanggal 7 Nopember 2009, lalu.

Dalam sambutannya, ketua HMPS Sr. Maria Sanctisima menekankan pada kerjasama di antara pengurus dan kesadaran bahwa tugas yang diemban ini bukan untuk kepentingan pengurus HMPS semata, melainkan kepentingan seluruh mahasiswa/i  Sosiologi.

Sesudah menyampaikan sambutannya, ketua HMPS menjabarkan program kerja selama masa kepengurusannya dalam satu tahun antara lain: Workshop video dokumenter, seminar akademik, pelatihan soft skill mahasiswa, event olah raga, gelar karya mahasiswa/i sosiologi, diskusi film, dan studi perspektif. Ia menekankan bahwa semua program kerja ini dapat terlaksana jika terjalin kerjasama tim yang solid di antara pengurus HMPS sendiri serta partisipasi mahasiswa/i sosiologi.

Meskipun demikian, acara yang dihadiri Ibu Lucinda (selaku Kaprodi Sosiologi), Ibu Yuningtyas dan Pak Nindito, serta beberapa anggota Sociology Study Club (SSC), ternyata kurang mendapatkan apresiasi yang baik dari sebagian pengurus sendiri dengan ketidakhadiran mereka. Tetapi hal itu tidak mengendorkan semangat dari pengurus yang tersisa untuk memberikan yang terbaik dari yang bisa diberikan kepada mahasiswa/i sosiologi, dan untuk itu kerjasama tim sangat mutlak dibutuhkan.

Dari sejumlah pengurus yang hadir dalam pertemuan tersebut, mereka juga menjabarkan program kerja yang sudah direncanakan untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan yang akan datang. Banyak masukan yang disampaikan oleh peserta untuk para koordinator kegiatan yang sifatnya membangun dan membantu memperjelas fokus yang ingin dicapai melalui kegiatan tersebut.

Ibu Tyas yang berkesempatan hadir dan setia mengikuti kegiatan ini hingga selesai, juga menyampaikan masukkannya berkaitan dengan tugas Humas, hendaknya HMPS melalui Humas dapat menjalin link dengan teman-teman sosiologi di luar Universitas Atmajaya, namun juga ditekankan untuk memperkuat yang di dalam dengan membangun solidaritas antar mahasiswa sosiologi serta mempererat hubungan dengan para dosen.

Masih terkait dengan program kerja Humas, Pak Nindito juga memberikan usulan yaitu untuk mahasiswa baru harus ada kegiatan baru misalnya sharing, pengembangan soft skill, tata kelola (management) kegiatan yang akan dikerjakan bersama-sama, mengetahui informasi eksternal antara organisasi dengan organisasi.

Banyak usulan berupa masukkan ataupun kritikan yang diterima HMPS dalam acara tersebut untuk memperbaiki program kerjanya. Namun lebih dari segalanya, HMPS hendaknya tidak hanya mampu menuliskan di atas kertas sebuah program kerja yang sempurna, tetapi yang utuma adalah bagaimana menjalankanya dalam kerja yang konkret, yang nyata. Pada titik inilah pertanyaan kritis yang dilontarkan Andrew wakil dari SSC pada pertemuan tersebut patut menjadi refleksi bersama segenap pengurus HMPS yaitu “realitas nyata apa yang akan dilakukan dari program-program kerja tersebut?.

Maria Sanctisima


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: