dari redaksi

26 02 2010

Akhirnya terbit juga! Ungkapan kelegaan itu yang tercurah begitu Buletin Sosiologi sampai di tangan Anda. Sekian lama tertunda dihadang berbagai persoalan tak menyurutkan semangat kami. Semangat untuk menjaga kemampuan berpikir, mengungkapkan ide dan berargumentasi lewat tulisan terus hidup di tengah komunitas mahasiswa sosiologi, menggugat kami berupaya memelihara ruang belajar ini agar terus hidup.

Dalam edisi kali ini kami menampilkan pemikiran-pemikiran para kontributor kami yang, barangkali, mengejutkan. Bila selama ini wacana yang berkembang tentang gender dan seksualitas dalam iklan mengatakan perempuan berada pada posisi yang lemah (powerless), maka dalam tulisannya Seks dalam Iklan, yang Seksi yang Berkuasa, Ining Isaiyah menyangkal hal itu.

Demikian pula jika modernitas kerap dicurigai bakal melumat kebudayaan lokal, dalam tulisannya Transformasi dan Dialektika Budaya di Indonesia, Ryan F memperlihatkan agama lokal atau kepercayaan-kepercayaan tradisional mampu bergeliat dan mengambil ruang dalam pertemuannya dengan modernitas.

Selain dua tulisan di atas yang kami sajikan sebagai menu utama, edisi kali ini juga menampilkan pendapat-pendapat mahasiswa sosiologi tentang budaya popular, tentang persoalan jurnalisme infotainment, juga karya seni (puisi dan cerita pendek). Serta informasi berharga tentang interenship, dan informasi-informasi seputar kegiatan HMPS.

Ke depan, sebagai wadah belajar bersama, kami berharap kehadiran Buletin Sosiologi sanggup menyulut semangat berkarya (menulis) kita semua. Bahwa meja redaksi ‘kebanjiran’ naskah, itulah kebanggaan kami.

Akhir kata, selamat membaca.

salam,
redaksi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: