Sebuah Torehan Prestasi di Dunia Akademik: Prodi Sosiologi Atma Jaya Yogyakarta Terakreditasi A

9 09 2009

Salut! terhadap prestasi yang memang sudah selayaknya diproleh Prodi Sosiologi Univ. Atma Jaya Yogyakarta, dimana untuk kedua kalinya secara berturut-turut memperoleh pengakuan dari BAN PT (Badan Akredetasi Nasiaonal Perguruan Tinggi) sebagai program studi yang memenuhi standar akreditasi nilai A.

Sejarah Prestasi Prodi Sosiologi

Program Studi Sosiologi secara resmi terdaftar sebagai sebuah jurusan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada tahun 1994. Meskipun sebagai sebuah jurusan yang masih tergolong belia (15 Tahun), Prodi Sosiologi tetap konsisten dalam melaksanakan tujuannya, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar untuk melakukan penelitian, membuat analisa, dan merumuskan solusi.

Program Studi Sosiologi sebagai salah satu bagian dalam satu bangunan sistem pendidikan tinggi diselimuti oleh seperangkat aturan yang telah ditata oleh Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) Depertemen Pendidikan Nasional. Satu diantaranya adalah standar akreditasi program studi. Standar Akreditasi program studi merupakan sebuah penilaian langsung yang dilakukan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi) terhadap sebuah program studi. Maksud dari akreditasi adalah untuk memberi jaminan kepada masyarakat bahwa Program Studi yang bersangkutan telah memenuhi mutu yang telah distandarkan secara nasional.

Program Studi Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah mengikuti tiga kali visitasi. Pertama pada tahun 2001 dengan memperoleh akreditasi nilai C, kedua di tahun 2004 dengan akreditasi A, dan ketiga pada Juni 2009 dengan memperoleh akriditasi A. Hasil dari visitasi yang ketiga dimana Prodi Sosiologi tetap memperoleh akreditasi nilai A, itu merupakan hal yang membanggakan dan sebagai sebuah perwujudan dari konsistensi Prodi Sosiologi dalam mempertahankan kualitas sistem pengajaran yang berjalan sesuai dengan visi, misi dan tujuannya.

Dimensi-dimensi Penilaian Akreditasi Program Studi

Visitasi merupakan penilaian langsung secara kualitatif terhadap sebuah institusi. Penilaian dilakukan Tim Assesor yang dibentuk oleh BAN PT. Penilaian langsung melalui profesional judgement dilakukan berdasarkan hasil pengamatan, dan diskusi dengan pimpinan fakultas/jurusan, dosen, karyawan dan Mahasiwa. Selain itu, Tim Assesor harus melakukan varifikasi dengan mengkomperrasikan hasil temuan di lapangan dengan data pada borang.

Secara garis besar ada dua instrumen penilaian akriditasi Program Studi. Pertama Penilaian di tingkat institusi secara menyeluruh (portfolio). Kedua penilaian ditingkat Program Studi (Borong).

Portofolio berisikan informasi yang berisi penjelasan mengenai visi dan misi perguruan tinggi serta strategi pencapaiannya. Itu dapat dilihat melalui lima aspek di bawah ini.

Tabel Lima Indikator Penilaian portfolio Institusi

No Aspek Keterangan

1 Penyelenggaraan Penilaian terhadap substansi visi, misi dan tujuan, apakah relistis, dan berorientasi ke masa depan yang lebih baik (threhold), dan apakah visi, misi dan tujuan dipahami oleh seluruh staf.

2 Asset Infrastruktur Fisik. Penilaian dirahkan pada ketersediaan prasarana (tanah/gedung) dan fasilitas penunjang.

3 Asset Finansial. Penilaian di arahkan pada menejemen penerimaan dan pengeluaran keuangan/penggunaan dana.

4 Asset Sumberdaya Manusia. Penilaian ditujukan kepada dosen, karyawan, dan mahasiswa berkiatan dengan kinerja dan proses perkuliahan.

5 Asset Informasi. Penilaian diarahjan kepada manajemen sistem informasi yangh menghubuungkan unit-unit dalam kampus, dan jejaringan informasi eksternal.

Sementara Borang berisikan penjabaran visi, misi Program Studi, serta sampai dimana kemajuan yang teleh dicapai oleh program studi dalam maraih visi. Ada sembilan dimensi yang dipakai sebagai rujukan dalam melihat kualitas program studi.

Tabel Sembilan Dimensi Kualitas Program Studi

No Dimensi Keterangan

1 Kelayakan (appropriateness) Tingkat ketepatan unsur masukan, proses, keluaran, maupun tujuan program ditinjau dari ukuran ideal secara normatif.

2 Kecakupan (adequacy) Tingkat ketercapaian persyaratan ambang yang diperlukan untuk penyelenggaraan suatu program.

3 Relevansi/kesesuaian (relevancy) Tingkat keterkaitan tujuan maupun hasil/keluaran program pendidikan dengan kebutuhan masyarakat di lingkungannya maupun secara global.

4 Suasana akademik (academic atmosphere) Iklim yang mendukung interaksi antara dosen dan mahasiswa, antara sesama mahasiswa, maupun antara sesama dosen untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

5 Efisiensi (efficiency) Tingkat pemanfaatan masukan (sumberdaya) yang digunakan untuk proses pembelajaran.

6 Keberlanjutan (sustainability) Keberlangsungan penyelenggaraan program yang mencakup ketersediaan masukan, aktivitas pembelajaran, maupun pencapaian hasil yang optimal.

7. Selektivitas (selectivity) Penyelenggara program memilih unsur masukan, aktivitas proses pembelajaran, maupun penentuan prioritas hasil/keluaran berdasarkan pertimbangan kemanpuan/kapasitas yang dimiliki.

8. Produktivitas (productivity) Tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan dalam memanfaatkan masukan.

9. Efektivitas (effectivity) Tingkat ketercapaian tujuan program yang telah ditetapka yang diukur dari hasil/keluaran program.

Sumber: Pedoman Evaluasi Program Studi, Depertemen Pendidikan Nasional, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

Berdasarkan hasil visitasi yang dilakukan oleh BAN PT melalui Tim Assesor pada tanggal 24 s.d 25 Juni 2009 yang memutuskan Program Studi Sosiologi Univ. Atma Jaya Yogyakarta terakriditasi A itu memberi bukti bahwa kualitas Prodi Sosiologi yang memiliki jumlah mahasiswa 137 masih yang terbaik dijajarannya.

Fredek Efendi Lodar


Actions

Information

One response

14 09 2009
kalice

sedikit yang elit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: