Sr. Santi – Grace : Bertekad Menyatukan Mahasiswa/i Sosiologi

28 08 2009

srgrace

Yang memotivasiku, selama ini terkesan olehku mahasiswa-mahasiswi sosiologi itu ‘terkotak-kotakkan’. Maka, dengan mencalonkan diri menjadi ketua HMPS—bila terpilih nantinya. Aku ingin mempersatukannya”.

Kata-kata itu yang terucap ketika Suster Santi ditanya tentang motivasinya mengikuti pemilihan ketua HMPS. Baginya, pengkotak-kotakkan itulah salah satu persoalan utama yang ada dalam lingkungan mahasiswa sosiologi saat ini. Dan ia melihat kondisi ini sangat tidak menguntungkan. Tidak hanya membuat relasi antara mahasiswa yang satu dengan yang lain tidak akrab bahkan tidak saling mengenal, tetapi juga berdampak buruk pada prestasi akademik. Tandasnya.
Mengapa ada pengkotak-kotakkan?
Terjadi karena aspirasi yang berbeda, kepentingan yang berbeda, minat dan kemampuan yang berbeda namun tidak ada wadah yang mengakomodir.


Bagaimana mempengaruhi prestasi akademik?

Tidak ada saling membantu. Katakanlah ketika aku lemah pada satu bidang dalam studiku, teman-teman yang lain tidak ada yang membantu karena pengkotak-kotakkan itu. Yang “bodoh” berkumpul dengan yang “bodoh”, yang “pintar” berkumpul dengan yang “pintar”.


Bagaimana memperbaikinya?

“Berusaha menjadi fasilitator yang mendukung dan memotivasi semua mahasiswa sosiologi untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di bawah HMPS. Baik itu Sociology Study Club (SSC) maupun Buletin Sosiologi (BS). Sehingga kreatifitas dan kemampuan yang berbeda-beda itu dapat terakomodir”. Ujar Suster yang bernama lengkap Sr. Maria Sanctisima ini.
Juga di dalam visi dan misinya, suster kelahiran Surabaya-Jawa Timur, itu mencetuskan: Menjadikan HMPS wadah bagi mahasiswa-mahasiswi sosiologi lebih bersatu, menjadi fasilitator, motivator dan animator yang mendorong mahasiwa berpikir kritis dan berprestasi secara akademis.
Caranya?
Pertama, persoalan informasi. “Pengalamanku, pengalaman kami mahasiswa angkatan 2008, tidak pernah mengetahui informasi yang jelas dari HMPS mengenai kegiatan-kegiatannya, misalnya, Foros (Forum Sosiologi). Kami tidak pernah diajak, tidak dilibatkan”.
Berkaca dari pengalaman itu, salah satu program kerja yang diusungnya adalah membuat blog HMPS. “ Di situ akan kami update segala informasi menyangkut semua kegiatan HMPS sehingga tidak ada miskomunikasi antara mahasiswa dan HMPS.
Kedua, merubah format buletin ke newsletter. Menurut Suster Santi, juga Grace (kandidat wakil ketua HMPS) yang mendampingi Suster pada saat berbincang-bincang dengan redaksi BS:
durasi terbit BS yang setiap tiga bulan sekali kurang memberi stimulus bagi mahasiswa untuk lebih lebih produktif menulis. Merubahnya menjadi newsletter yang direncanakan terbit setiap minggu, “akan memacu mahasiswa lebih kreatif dan produktif menulis” tutur Suster Santi.
Ketiga, mengadakan program aksi berkelanjutan yaitu, membuka sharing dengan para alumni. “Ini penting karena kita bisa menjalin relasi dengan mereka, para alumni kita. Dan cerita-cerita dari mereka bisa membangkitkan kita sebagai mahasiswa untuk berbuat lebih kreatif lagi dan lebih aktif lagi” papar Suster.
[Selain tiga yang di sebut di atas, Suster Santi juga mencanangkan program jangka pendek: 1) Musyawarah kerja sosiologi. 2) Makrab bagi semua mahasiswa aktif kuliah. 3) Workshop Video. Dan program jangka panjang: 1) Seminar akademik. 2) Leadership training. 3) Event olahraga dan seni. 4) studi prespektif].
Lalu, supaya visi dan misinya tercapai, Suster Santi punya strategi bersahaja yaitu pedekatan personal.
Dan di penghujung perbincangan, kami menanyakan pertanyaan pamungkas: Apa kelebihan yang ditawarkan Suster sehingga orang akan memilih Suster?
“Bersatu. Itu yang aku bawa. Berbeda pendapat, berbeda aspirasi, tetapi tetap satu. Berbeda kemampuan tetapi tidak berjuang sendiri, semua terangkul, semua terakomodir, supaya lebih bersatu lagi sehingga dapat mewujudkan manusia-manusia humanis kritis”. Jawabnya.

[Zalde]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: