Mengintegrasikan Misi Kesusteran dan Intelektual

28 08 2009

Bagaimana ceritanya hingga Maria Sanctisima Anastasia menjadi seorang suster? Cerita itu bermula dari sebuah pertemuan yang mengubahkan.

Pada mulanya ia sama sekali tidak berminat menjadi suster. Bahkan dulu, di matanya, suster-suster dan rohaniawan itu terkesan galak dan sulit diajak bicara. Ketika bertemu dengan mereka ia tidak tertarik. Namun pertemuan dengan seorang suster SSPS mengubah gambarannya itu. Suster Yustina namanya. “Ia yang menarik minatku untuk menjadi suster”, cerita Suster.

Dan tekad kuat untuk mempersatukan mahasiswa-mahasiswi sosiologi yang terpecah-pecah ke dalam kelompok-kelompok juga tidak terpisah dari misi kesusterannya: pengabdian. Ia melihat ada korelasi nyata antara “kesusterannya” dengan belajar di program studi sosiologi. Misi kesusteran menuntut pengabdian kepada masyarakat, begitu juga belajar sosiologi menuntut pengabdian intelektual bagi kepentingan masyarakat. “ Itu yang coba aku integrasikan. Antara “kesusteranku” dan pengetahuan intelektual yang aku miliki untuk masayarakat” tuturnya.

Turut andil dalam memajukan program studi sosiologi dengan mempersatukannya baginya adalah salah satu upaya mengitegrasikan misi kesusteran dan dan intelektual itu. Suster yang mengaku dirinya pribadi yang terbuka dan inklusif ini, nampak mempunyai keinginan kuat memajukan mahasiswa sosiologi. Itu yang mendorong mengapa Grace (kandidat wakil ketua HMPS) ingin mendampinginya maju ke Pemilwa ini. “Ia mempunyai semangat kuat untuk membangun mahasiswa program studi sosiologi” tutur Grace.

[Zalde]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: