opini: Imaji Spanduk Calon Legislatif

1 08 2009

Imaji Spanduk Calon Legislatif (caleg)
Oleh Anka Yolanda Kansil

Meski pertarungan calon legislatif telah usai, caleg menyisakan jejak menarik untuk diulang kembali. Jejak itu terangkum dalam advertensi politik yang bertebaran bak jamur. Tidak hanya bersifat memperkenalkan diri (introducing), menempatkan diri (positioning), menyerang dan bertahan (attacking and defending) namun berusaha menciptakan imaji – imaji tentang karakter dari sang calon legislatif.

Iklan lalu dipilih (daripada pencitraan) sebagai jalan pintas agar populer dan objeknya yaitu rakyat kembali disuguhi bayang – bayang ilusi, digiring dalam persepsi yang ditampilkan. Foto spanduk politik ini saya kutip dari berbagai sumber dan berharap pembaca semakin kritis menanggapi iklan politik yang miskin visi misi ini.

Imaji Pertama, Hero dari AS
Superman adalah karakter fiksi The Man of Steel dan The Man of Tomorrow yang diciptakan oleh kartunis Amerika dan menjadi ikon budaya. Caleg dengan jargon Superman terpaksa harus diberi panggilan The Man of Yesterday karena kegagalannya memperebutkan kursi.

4 Satu lagi Superman yang ikhlas mengabdi

cs

Imaji kedua, “Menjual anak”

Anak dan orang tua adalah anugerah. Lihat saja aksi para caleg memajang foto anaknya dan anak pun mendukung (kesadaran anak atau kehendak orang tua?).

balita nyaleg juga Caleg dibawah Umur ekploitasi anak

Imaji Ketiga, Ingin (juga) Populer

Tidak dipungkiri mengaku dan mempunyai kerabat “orang terkenal” seringkali dimanfaatkan oleh para caleg untuk merebut perhatian rakyat. Wajar dilakukan mengingat jumlah caleg nyaris menembus angka 12 ribu!.

politisi handal Ahmad Dhani saja menitipkan aspirasinya ke gw Jual tanda tangan istri Becham ikut Nyaleg

Saya Papanya Nia loh Saya papanya Chintia poster_norak

Imaji Keempat, Obama Membumi

Ada dua cerita menarik tentang Obama di Indonesia: Pertama, Obama pernah tinggal di Jakarta selama 4 tahun. Kedua dalam kampanye legislatif, Obama menjadi panutan para caleg (apakah tidak ada panutan pemimpin di Indonesia?).

caleg obama lagi samakan gw dengan Obama ooo bama

Imaji Kelima, Iklan harus massif!

Ruang publik sesak akan kehadiran spanduk, baliho dan stiker para caleg. Maka lahan yang dianggap sepi menjadi sasaran iklan dengan mengaburkan kesopansantunan.

Spontan bikin besar hai mahluk empang pilih saya Hai genderuwo setan pilih saya ya

Spanduk logging sampe ke Bukit daku Sampaikan

Caleg penjaga kubur

Dimanapun akan ku “gentayangi” spandukku agar kau tidak lupa lupa lupa, lupa lagi wajahku! (dinyanyikan versi band kuburan).


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: