:internshipku: Internship di I-Radio, Seru!

1 08 2009

Internship di I-Radio Jogja : Seru!

Dulu saya melakukan internship itu di sebuah radio ternama di kota Yogyakarta ini nama radionya adalah 88,7 FM i-radio Jogja. Pasti kalian anak muda jogja sudah tidak asing lagi donk dengan frekuensi 88,7 FM tentunya kalian masih inget frekuensi 88,7 FM ini dulu di isi oleh MTVSKY yang begitu digandrungi oleh anak muda  jogja sekitar tahun  2002.

88,7 FM i-radio jogja merupakan radio yang memutarkan 100% musik Indonesia dari era 80-an sampai lagu terbaru atau lagu yang akan hits. 88,7 FM i-radio jogja ini disiarkan langsung dari Ruko Palem Gurih no 9-10, Jalan Wates km 4 Gamping-Yogyakarta. 88,7 FM i-radio jogja dipublikasikan kepada masyarakat umum atau publik pada tanggal 28 Maret 2006 and i-radio jogja merupakan generasi dari i-radio Jakarta dan Bandung makanya disebut i-radio network karna hanya ada di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Pasti ada yang berfikir Kenapa mahasiswa Sosiologi melakukan internship atau magang dibidang media? Perlu diketahui bahwa di Sosiologi itu ada konsentrasi di bidang media dan bisnis, berhubung saya mengambil konsentrasi dibidang media makanya saya melakukan internshipnya dibidang media seperti radio. Mengapa saya memilih 88,7 FM i-radio jogja sebagai tempat internship saya karena saya sudah kenal dan akrab dengan orang-orang yang bekerja disana, jadi saya tidak perlu beradaptasi lagi tinggal menyesuaikan cara kerja mereka seperti apa, dan tugas apa saja yang menjadi tanggung jawab saya selama melakukan internship disana.

Ketika saya melakukan internship selama 2 bulan padahal waktu yang diberikan oleh kampus adalah 40 hari kerja, namun bagi saya itu tidak terlalu masalah justru saya seneng karena mereka justru memberikan waktu yang lama buat saya. Disana saya ditempatkan dibagian advertising and promotion (A&P) yang dimana pada bagian A&P ini mempunyai tugas untuk menyelenggarakan sebuah event off air yang bekerjasama dengan klien, dan event yang akan diselenggarakan pun tergantung dari jenis klien yang ada. Ketika saya internship disana saya ditempatkan di bagian (A&P) dibawah pengawasan langsung Mas Nara, saya disana melakukan pekerjaan seperti boat proposal event, ikut meeting dengan klien juga menghubungi band-band lokal ataupun nasional yang akan jadi tamu dalam sebuah event yang akan diselenggarakan oleh 88,7 FM i-radio jogja.

Ternyata, seru juga lho kerja semacam itu. Bagi saya hal itu merupakan pengalaman pertama saya dan saya harus berhubungan langsung sama orang-orang yang cukup penting. Apa lagi kita kerja dalam tim jadi perlu koordinasi dan kekompakkan yang solid tidak bisa kerja sendiri atau semau kita. Semuanya perlu musyawarah dan mempunyai pembagian tugas yang jelas supaya tidak rancu atau bingung. Ternyata lumayan capek juga ya menyelenggarakan sebuah event, tapi lumayan lah bisa nonton event music tanpa harus  bayar tiket juga bisa deket ama artis atau personil band-band yang ada, kapan lagi bisa foto dengan artis dan ngobrol bareng mereka.

Selainikut dalam proses pembuatan event, pengalaman yang tidak kalah serunya yaitu ikut siaran bareng Aldo Fenandi dan Tako Mintardja dalam acara pagi-pagi. Duh gak pernah kebayang ikut siaran bareng mereka secara,  kata temen-temenku aja suaraku itu cempreng koq malah diminta mereka ikut siaran ya? apa ga sakit telinga pendengar ya ketika dengar siaranku itu😉. Aku deg-degan waktu ikut mereka siaran ternyata pas dah masuk ruang siaran dites atau dikontrol dulu volume suaranya, jadi pendengar pun ga sakit dengar suaraku😉. Wah pokoknya pengalaman internship itu seru abis deh!.

Kalau boleh saya sarankan untuk angkatan selanjutnya  ketika mau melakukan internship, pilihlah perusahaan atau instansi yang sesuai dengan bidang konsentrasi yang diambil supaya kita bisa bekerja dengan maksimal and enjoy dalam melakukan internship tersebut.

Oleh : Chanisia Bety Kristyaningrum


Actions

Information

Leave a Reply

