dari redaksi

1 08 2009

Sebuah resistensi mendobrak eksistensi status quo minimnya semangat menuangkan ide dan berargumen lewat teks. Itulah yang menjadi penetrasi bagi kami Buletin Sosiologi untuk kembali hadir memberikan stimulus bagi kawan-kawan yang masih berada dalam belanggu status quo pembunuh intelektualitas.

Sebagai wadah aplikasi pengembangan kreatifitas menulis dan memberikan informasi, Buletin Sosiologi edisi Desember 2008 mengusung tema ”Jender Dalam Dialog”. Persoalan jender akan selalu menjadi wacana yang menarik untuk didiskusikan, karena masih berlangsung ketidak setaraan jender (unequalibility gender) dan berujung pada ketidak adilan yang  bermuara dalam kebisuan.

Contens Beletin Sosiologi pada edisi kali ini pada kolom opini akan diulas secara subjektif dan oportunis yaitu pembelaan terhadap seksualitas lesbian dimana menjadi lesbian adalah pilihan dan pilihan berkaitan dengan Hak Asasi Manusia tapi sepertinya di Indonesia, kita masih menganggap lesbian  menyimpang karena struktur dan sistem yang patriarkal. Negara yang diatur oleh tangan dan pikiran patriarkal tersebut menyumbang apa yang disebut Undang-Undang Pornografi dimana menurut si penulis tidak Nusantara, Tulisan ketiga dalam rubrik opini mengkisahkan secara historis perjuangan kaum feminis di Indonesia dalam memperjuangkan kesetaraannya. Feminisme Marxis merupakan kaca mata yang dipakai dalam mengkaji pergerakan pencarian keadilan kaum feminis di Tanah Air.

Setelah kolom Internshipku, Info, Sociology Event dan Pustaka, ada 3 buah karya sastra yang imajinatif dari para mahasiswi Sosiologi. Kiranya berbagai informasi yang disampaikan pada edisi Desember 2008 dapat menambah stock of knowledge pembaca sekalian.

Jacques Derrida pernah berkata ”Apa yang tidak dapat dikatakan jangan di bungkam tetapi tulislah”

Salam,

Redaksi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: