dari redaksi

31 07 2009

cover depan cover belakang

design cover by: Aditya Yudha P

Tiga bulan membuat, meracik, mengumpulkan tulisan, data dan wawancara, Buletin Sosiologi hadir kembali sebagai makanan (bacaan) alternatif di kalangan civitas akademika UAJY dengan tema Urban Problems. Ketertarikan tersebut dilandasi fenomena faktual yang dapat dilihat dari perkembangan kota, tidak bisa lepas dari berbagai permasalahan yang kompleks. Kompleksitas persoalan yang terjadi dalam masyarakat perkotaan merupakan wacana yang menarik untuk dikaji dan di informasikan. Tak heran Socrates sendiri pernah berujar ”Ladang dan pepohonan tak mengesan bagiku, tetapi tak demikian halnya manusia di kota”.

Sebagai makanan, penyajian appetizer diawali rubrik Tokoh Mangunwijaya sebagai tokoh yang generalis, terutama perannya terhadap penanganan pemukiman kumuh. Makanan utama di hidangkan melalui pembahasan Urban Problems dengan artikel ”Komunitas Sepeda di Yogyakarta” dan “Konversi Lahan di Daerah Sleman”. Juga menyajikan kolom opini “Dilematisasi Ahmadiyah Sebagai Aliran Sesat”, wawancara Keistimewaan DIY dan Karya Tulis Ilmiah, sociology event, pustaka dan ditutup dengan dessert manis “Persahabatan” dan “Persimpangan”.

Buletin Sosiologi diharapkan terus menjadi wadah kreativitas mahasiswa-mahasiswi sosiologi pada kajian karya tulis ilmiah dan sastra. Seperti manusia kelaparan, kita membutuhkan makanan untuk terus mengisi perut dengan makanan lain. Akhir kata, selamat menikmati!.

Salam,

Redaksi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: